Profil Program Studi

Profil Akademik

Program Doktor Pendidikan IPS di ingkungan Universitas Syiah Kuala memiliki kemampuan untuk dapat menghasilkan tenaga kependidikan dan tenaga social studies yang professional dan berdaya saing global, memiliki kemampuan menghasilkan lulusan yang peka terhadap pembangunan masyarakat dan mampu memecahkan masalah-masalah sosial. Memiliki kemampuan menghasilkan lulusan yang mempunyai integritas tinggi berwawasan holistic, baik selalku individu, anggota masyarakat maupun warga Negara Indonesia.

Program Doktor Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Syiah Kuala memfokuskan bidang-bidang ilmu (konsentrasi) yang sangat dibutuhkan dan sesuai dengan isu-isu terkini yang berkembang dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan ilmu pengetahuan sosial.Program Doktor Pendidikan IPS Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala secara spesifik difokuskan pada empat bidang kajian utama (konsentrasi), yaitu:

  • Pendidikan Kewarganegaraan
  • Pendidikan Geografi,
  • Pendidikan Sejarah.
  • Pendidikan Ekonomi

Dengan demikian Program Doktor Pendidikan IPS Universitas Syiah Kuala mengembangkan sistem penyelenggaraan program berdasarkan kompetensi bidang ilmu yang bersifat multidisiplin dalam dimensi Pendidikan IPS. Pendirian Program Studi Doktor Pendidikan IPS Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Tanggal 29 Agustus 2013, dengan Surat Mandat Penyelenggaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Melalui Direktorat Jenderal Pedidikan Tinggi Nomor : 858/E.32/DT/2013 Perihal Penugasan Pembukaan Program Studi yang ditujukan Kepada Rektor Universitas Syiah Kuala. dan Berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 181/KPT/I/2015 Tentang memberikan izin pembukaan Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Doktor Pada Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Tanggal 11 Desember 2015 dan Program Doktor Pendidikan IPS Pascasarjana Universitas Syiah Kuala dinyatakan memenuhi persyaratan dan terakreditasi.

Profil Sejarah

Program Doktor Pendidikan IPS ini merupakan tindak lanjut dari program strata dua (S2) di lingkungan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala dalam bidang pendidikan. Di Propinsi Aceh sampai saat ini belum ada Perguruan Tinggi yang membuka Program Doktor Pendidikan IPS, sedangkan alumni program strata dua (S2) bidang ilmu Pendidikan IPS baik alumni Pascasarjana Unsyiah ataupun Universitas lainnya sudah tersebar di seluruh Aceh baik di lingkungan instansi pemerintah maupun swasta.

Pendirian Program Studi Doktor Pendidikan IPS Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Tanggal 29 Agustus 2013, diawali dengan Surat Mandat Penyelenggaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Melalui Direktorat Jenderal Pedidikan Tinggi, Nomor : 858/E.32/DT/2013 Perihal Penugasan Pembukaan Program Studi yang ditujukan Kepada Rektor Universitas Syiah Kuala. Dan Berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 181/KPT/I/2015 Tentang memberikan izin pembukaan Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Doktor Pada Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Tanggal 11 Desember 2015 dan Program Doktor Pendidikan IPS Pascasarjana Universitas Syiah Kuala dinyatakan memenuhi persyaratan dan TERAKREDITASI. (@Am)

Bagikan halaman ini