Kompetensi Lulusan dan Capaian Pembelajaran

Kompetensi Lulusan

Keilmuan yang dimiliki oleh para dosen dengan kualifikasi guru besar dan para doktor dengan fungsional lektor kepala, sarana dan prasarana penunjang seperti laboratorium, perpustakaan dan jaringan internet, di bidang pendidikan, riset dan kemahasiswaan, mudah dalam bidang transfer dan pengembangan pendidikan sosial, bidang manajemen pendidikan, bidang sumber daya manusia, unggul dalam bidang tata kelola dan dalam bidang manajemen mutu dan layanan.

Capaian Pembelajaran

  • Mampu menyusun Kebijakan Sosial (social policy) dalam bidang pendidikan dan untuk dapat menyelesaikan masalah sosial dalam suatu perubahan sosial terencana, khususnya bidang pendidikan sosial.
  • Mampu memberikan arah kebijakan (visionary leadership) dan menggerakkan potensi dan sumber daya manusia secara kolektif di lingkungannya untuk mewujudkan kepentingan public dalam proses pembangunan pendidikan
  • Mampu melakukan riset dengan menemukan pengetahuan atau teori baru untuk mengembangkan ilmu pendidikan
  • Mampu menggunakan metode riset yang dibangun dari discource metodologis
  • Mampu membuat karya ilmiah (dari hasil kajian) yang mendapatkan pengakuan komunitas akademik dalam bidang sosial dan pendidikan
  • Mampu mengadaptasi dan mengkombinasi konsep dan metode yang dikembangkan oleh disiplin lain melalui pendekatan inter, multi, atau transdisipliner
  • Mampu mengembangkan pengetahuan (teori) baru dari fakta sosial yang ditemukan melalui penelaahan teori sosial atau pembangunan pendidian (theoretical discourse) secara kritis, menggunakan pendekatan inter, multi, dan transdisiplin ilmu antara lain pendidikan, sosial, politik, ekonomi, budaya, dan lingkungan.
  • Mampu mensintesis bagian-bagian dari teori sosial atau teori pendidikan.

Penguasan Pengetahuan

  • Menguasai falsafah ilmu sosial, paradigm dalam teori sosial, teori pendidikan dan kesejahteraan.
  • Menguasai Metodologi Penelitian Sosial (the Methodology of social research)
  • Menguasai Filsafat ilmu Pengetahuan Sosial ( the philosophy of social research)
  • Menguasai paradigma,teori dalam bidang ilmu sosial dan pendidikan untuk memahami berbagai fenomena pendidikan untuk pengembangan ilmu pengetahuan
  • Menguasai metodologi ilmu pendidikan dan Sosial

DOKTOR (KKNI Level 9)

  • Mampu memperluas dan memperdalam Teori Pendidikan dan Teori Sosial baru melalui pendekatan multi dan transdisiplin.
  • Mampu mengintervensi masalah pendidikan dan sosial pada tingkat makro.
  • Mampu memberi kontribusi dalam penyusunan kebijakan sosial, khususya dalam bidang pendidikan pada tingkat Makro.
  • Menguasai filsafat teori pendidikan, dan teori sosial yang relevan untuk melakukan intervensi masalah pendidikan dan sosial pada tingkat makro.

Bagikan halaman ini