Ujian Naskah Disertasi Tertutup AN. Rachmatsyah

Program Studi Doktor (S3) Ilmu Pendidikan Sosial Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala kembali melaksanakan kegiatan sidang Tertutup doktor , kegiatan ujian Tertutup doktor ini diselenggarakan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting, kegiatan diselenggarakan pada hari Rabu, 21 Oktober 2020 pukul 09.00 bertempat di Ruang Teleconference PPs Unsyiah.

Rachmatsyah yang dalam kesehariannya merupakan Dosen di Universitas Samudra langsa. Beliau mempertahankan judul disertasinya “Gerakan Politik Teungku Dalam Peristiwa Revolusidi Aceh."

“Gerakan Politik Teungku Dalam Peristiwa Revolusi Sosial di Aceh”, pada dasarnya adalah sebuah kajian yang hendak melihat tentang bagaimana sebuah tradisi penulisan sejarah dimasa lalu telah melakukan penggambaran secara temperamental terhadap sebuah kaum bernama Uleebalang, terlebih pasca revolusi sosial tahun 1946, dimana terjadi tidak saja pembunuhan secara massal melainkan juga semacam pembunuhan karakter yang tidak pernah terselesaikan. Sejumlah konsep mulai dari pengungkapan hikayat, novel, hingga buku-buku dari tulisan orang-orang yang memenangi pentas “perang” telah bergulir secara kultural dalam porsi yang sangat unik dan beragam, sehingga autentitas keilmuan sosial yang seharusnya muncul sebagai paradikma, kemudian menjadi terabaikan.

Dalam kegiatan ini, Direktur PPs Prof. Dr. Ir. Darusman, M. Sc menjabat sebagai ketua sidang; Prof. Dr. Hasbi Amiruddin, M.A, menjabat sebagai promotor; Dr. Rusli Yusuf, M. Pd, menjabat sebagai Ko-Promotor; Dr.Husaini, MA menjabat sebgai Ko-Promotor 2; Dr. Ishak, M. Pd menjabat sebagai Penguji bidang konsentrasi; Dr. T. M. Jamil, M. Si Sebagai Penguji bidang konsentrasi 2; Prof. Dr. Husni, S.H, M. Hum., menjabat sebagai Penguji Senat Unsyiah; dan Prof. Dr. Hermanu Juebagio, M. Pd dari UNES menjabat sebagai penguji bidang konsentrasi dari luar institusi.

Galeri

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya