Promosi Doktor Terbuka An. Ruslan

Rabu,16 Juni 2021, Pukul 09.00. WIB Program Studi Doktor (S3) Pendidikan IPS Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala melaksanakan Kegiatan Ujian Promosi Doktor An. Ruslan kegiatan ujian Promosi doktor ini diselenggarakan secara virtual Zoom bertempat di Ruang Teleconference PPs Unsyiah.

Promovendus Ruslan yang dalam kesehariannya merupakan Dosen pada FKIP USK mempertahankan judul disertasinya “Gaya Berpikir, Gaya Pengajaran, dan Gaya Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Pada SMP Se- Provinsi Aceh .

Promovendus telah mempublikasikan jurnal hasil penelitiannya pada jurnal Internasional bereputasi, yaitu:

  • Artikel Internasional berjudul Dominant Learning Styles Among Junior High School Students in Aceh and Its Relationship with The Final Score of Social Science. Telah terbit pada Jurnal International bereputasi, yaitu Systematic Reviews in Pharmacy, Volume 12, Issue 1, 2021, Jurnal terindex Scopus, dengan rangking SJR : 0,42 dan Quartil : Q2
  • Novelty dari disertasi ini yaitu memberikan pendekatan psikologi dalam gaya berfikir, gaya pengajaran dan pembelajaran baik guru maupun siswa, sehingga guru menyadari bahwa pengajaran bukan hanya tentang transfer knowledge semata, tetapi keunikan peserta didik di utamakan, sehingga gaya pengajaran dapat disesuaikan dengan gaya pembelajaran siswa tersebut. Begitu juga siswa, mereka menyadari bahwa mereka berbeda antara satu sama lain dalam gaya berfikir maupun gaya pengajaran, sehingga siswa sadar akan perbedaan di antara mereka. Ini merupakan penelitian pertama yang dilakukan dengan menggunakan tiga variabel sekaligus pada jenjang pendidikan SMP, penelitian sebelumnya hanya parsial satu-satu variabel.

Sidang promosi doktor yang berlangsung secara virtual ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Marwan. dan sekretaris sidang Prof. Dr. Ir. Darusman, M.Sc. (Direktur Program Pascasarjana USK); Prof. Dr.Abdul Munir, M. Pd sebagai promotor; Dr. Deny Setiawan M. Si sebagai Ko-Promotor 1; Dr. T. M. Jamil, M. Si Ko-Promotor 2.sebagai Penguji bidang konsentrasi; Prof. Dr. Murniatai AR, M. Pd & Dr. Asnawi, S.Pd, M. Pd ; Prof. Dr. Marwan, S. Si, M. Si sebagai Penguji Senat Unsyiah; dan Prof. Dr. Jamaluddin, M. Ed sebagai penguji dari luar institusi dari UIN-Ar-Raniry.

dengan terselenggaranya sidang promosi doktor ini maka Promovendus Ruslan dengan sah menyandang gelar Doktor (DR). Dr. Ruslan, M. Ed adalah lulusan Doktor ke- 16 Program studi doktor Pendidikan IPS.


Galeri

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya